Eyang…

Pagi ini bangun dengan rasa sakit yang lebih parah dari tadi malam. “Mesti ke dokter,” pikir saya. Maka berjalanlah saya, sekitar pukul 6 pagi, ke rumah sakit kecil di Kalipasir, daerah Cikini. Sebentar-sebentar berhenti, karena mata mulai berkunang-kunang. Kemudian berjalan lagi, sambil menggigit bibir, menahan perih. Rasanya ingin menangis. Ingat pekerjaan yang belum selesai. Ingat rekan kerja yang hari ini pasti bakal kewalahan. (Bodohnya saya, sampai bisa sakit begini)

Maka menangislah saya, di sepanjang jalan tikus yang masih sepi orang. Sampai di rumah sakit, masih harus menunggu karyawan administrasi menyalin data diri, karena saya belum pernah berobat ke situ. Khawatir badan ambruk, saya lantas berbaring di atas kursi tunggu. Sudah tidak bisa membedakan lagi, mana air mata sedih, mana yang disebabkan mata perih akibat demam.

Merasa sendiri, iya. Mungkin karena badan sedang tidak karuan, perasaan jadi lebih sensitif. Padahal kondisi ini sebenarnya seperti dulu-dulu (waktu masih kuliah). Kalau sakit, berobat sendiri, naik motor. Sampai di kos, minum obat, lalu berusaha tidur. Sudah, begitu saja. Mungkin sekarang lebih sensitif, karena pikiran sedang berantakan juga.

Saat-saat seperti ini, saya jadi rindu eyang kakung. Eyang, yang semoga sudah memperoleh kebahagiaan abadi di shambala. Eyang, yang mengajarkan supaya kuat dalam kesusahan. Eyang, yang kata orang-orang, namanya saya sebut pertama kali waktu belajar bicara.

Dan sekarang, di sinilah saya. Dalam kamar kos, menangis, serta membayangkan eyang ada di samping saya.

6 thoughts on “Eyang…”

  1. besok pakai nama ben wade 3:10 to yuma ya… 🙂
    udah mendingan kok. sekarang mau tidur lagi, nanti bangun pas komentator bilang, “and here it is. we’ve got the third winner, germany!!!”
    iya, senin pagi dikabari, tepat saat la furia roja angkat trofi… 🙂
    “..close your eyes and i’ll close mine. good night, sleep tight. now the moon begins to shine. good night, sleep tight…”

    Like

Leave a Reply

