A Clare Benediction

May the Lord show his mercy upon you; may the light of his presence be your guide.

May he guard you and uphold you; may his spirit be ever by your side.

When you sleep, may his angels watch over you; when you wake, may he fill you with his grace…

_____________________

Kalau sedang duduk di depan gua Maria, Katedral Jakarta yang mulai sepi (karena sudah malam), saya suka menyanyikan lagu ini. Sengaja menunggu sampai gua Maria sepi, biar nggak ada yang dengar suara sumbang saya.

“A Clare Benediction”. Liriknya ditulis John Rutter, komponis musik klasik asal Inggris. Selain “A Clare Benediction”, Rutter juga menulis “The Lord Bless You and Keep You”. Sama, lirik dan musiknya bagus, menurut saya. Seperti mendengarkan “Away in a Manger” saat Malam Natal. Damai…

Seorang kakak sekaligus guru, Chatarina Purmiyati yang memperkenalkan lagu-lagu Rutter pada kami, anggota Saint Pietro Choir. Kadang-kadang, ketika teman-teman sibuk mempelajari not, saya justru membaca liriknya dulu. Entah ini kebiasaan buruk atau tidak. Yang jelas, saya memang lebih senang membaca lirik ketimbang not (yang untungnya tidak berbentuk kecambah).

Dulu, waktu belum kerja dan masih rajin latihan paduan suara, saya suka mengacaukan fokus anggota suara bass. 😀 Kebetulan mereka duduk di belakang kursi saya. Yang paling sering saya buat kesal adalah Raymond dan Epen. “Mon, bagus nih liriknya,” misalkan ini saya yang bicara. Kemudian, entah Remon entah Epen, pasti bereaksi cepat.

“Bukan baca liriknya, cuplis. Baca itu notnya. Dimarahin mba Yati, nyaho lo!,” Remon menyahut galak. Kadang-kadang menoyor juga.  Atau Epen, yang terkesan pasrah tapi kesal. “Ah, terserah lo aja deh, mba”. Itu kalimat andalan Epen. 😀

Apapun itu, menurut saya, ada saatnya telinga diperdengarkan musik yang lembut. Kasihan juga kalau telinga dipaksa menyimak musik keras terus. 🙂 Sekarang, mari tidur lagi, sambil mendengarkan suara Brian McKnight. 🙂

Leave a Reply

